background
anda disini: Home > Articles > Method & Tools Assessment Center

Method & Tools Assessment Center

Metode Inventory :

Personality/Trait Inventory Tools
Berbagai alat/teknik yang dapat digunakan dalam metode personality/ trait inventory antara lain :
  • MBTI.
  • Papi Kostik.
  • Inner View.
  • Personnel Track Record & References.
 
Personnel Track Record & References
Catatan prestasi kepegawaian dan referensi merupakan data yang sangat berharga dalam proses Assessment Center, oleh karena informasi yang diperoleh dari data-data tersebut merupakan bukti yang otentik dari perjalanan karir dan prestasi kerja seorang karyawan.
Catatan dan referensi ini berfungsi sebagai pembanding dalam proses evaluasi kinerja serta kompetensi perilaku yang ditampilkan sepanjang kegiatan Assessment Center.
 
Metode Simulasi :
 
In-basket Exercise
Permasalahan manajerial yang disajikan dalam bentuk tertulis seperti yang dialami dalam situasi nyata di pekerjaan, dimana peserta diminta untuk menyelesaikan masalah tersebut.
 
Leaderless Group Discussion
Sekelompok assessee (5 – 6 orang) diminta untuk mendiskusikan suatu topik mengenai masalah yang berkaitan dengan situasi pekerjaan yang aktual. Dalam berdiskusi, kelompok tersebut tidak diperkenankan menunjuk pemimpin atau membentuk struktur organisasi. Assessor berfungsi sebagai observer yang akan mengobservasi dan mencatat semua perilaku yang muncul dari setiap assessee untuk kemudian diterjemahkan kedalam kompetensi yang sesuai.
 
Management Role-Play
Salah satu teknik dalam Assessment Center yang merupakan simulasi dari suatu situasi pekerjaan yang riil, dimana Assessee dituntut untuk memerankan posisi jabatan tertentu serta berespons terhadap masalah yang dihadapi sesuai dengan tuntutan dalam skenario yang dibuat. Assessor berfungsi sebagai observer yang akan mengobservasi dan mencatat semua perilaku yang muncul dari setiap Assessee untuk kemudian diterjemahkan kedalam kompetensi yang sesuai.
 
Metode Assignment :
 
Case Analysis & Presentation
Case Analysis & Presentation adalah metode evaluasi melalui pemberian tugas tertulis dimana setiap Assessee diminta untuk menganalisa dan mencari solusi terhadap suatu kasus yang diambil dari situasi nyata dalam pekerjaan. Tugas tersebut kemudian dipresentasikan didepan sekelompok Assessee / Assessor untuk dinilai.
 
360 Degree Feedback
360 Degree Evaluation adalah suatu teknik untuk mendapatkan informasi mengenai kinerja / kompetensi seseorang dari berbagai sumber, yang meliputi atasan langsung, rekan kerja, bahkan bawahan langsung. Dalam pelaksanaannya, setiap pihak yang terlibat diminta untuk mengisi suatu formulir untuk menilai seseorang yang ikut serta dalam Assessment Center. Hasil pengisian formulir tersebut kemudian dikonfirmasikan oleh Assessor melaui suatu sesi diskusi untuk memastikan bahwa apa yang diisi sudah obyektif.
 
Self-Assessment
Self Assessment adalah teknik untuk mengevaluasi kompetensi yang dimiliki seseorang sesuai dengan yang dibutuhkan dalam jabatan tertentu. Dalam Self Assessment ini, Assessee diminta untuk memberikan rating tingkat kemahiran terhadap kompetensi yang harus dimiliki pada jabatannya tersebut dari yang paling penting sampai dengan kurang / tidak penting.
 
Technical Competency Assessment
Technical Competency Assessment umumnya diberikan oleh pihak klien
 
 
Metode Wawancara
 
Behavioral Event Interview
Behavioral Event Interview dilakukan untuk memperoleh data / informasi mengenai tingkat kompetensi yang dimiliki Assesse melalui pendekatan STAR (Situation, Task, Action, dan Result).